Header Ads

Manfaatkan Dana Desa untuk Pembangunan Drainase

Kepala Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi Ariyadi menekankan akan menggunakan alokasi dana desa untuk pembangunan drainase. Pembangunan saluran drainase ini digunakan untuk mengalirkan resapan air hujan dalam lingkungan warga menuju ke badan sungai yang terdekat. Dikonfirmasi kru media ini, Kepala Desa (Kades) Dero Ariyadi mengatakan bahwa pihaknya telah mencermati Peraturan Menteri Desa Nomer 5 tahun 2015 tentang penetapan prioritas penggunaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa.

“Kami menggandeng tim pelaksana yang telah ditunjuk melalui musyawarah desa yaitu saudara Wiyono juga kami akan focus pada sarana dan prasarana demi kelancaran perekonomian masyarakat Desa Dero kedepannya,” kata Kades Dero Ariyadi

Dijelaskannya, Alokasi Dana Desa yang telah diterima digunakan untuk Drainase di dusun Kaliwangon RT/RW: 02/03 yang luasnya lebih kurang 77,29 meter dan lebar bawah 0, 40 meter sedangkan lebar atas 0,60 meter.“Jadi kedepan tidak ada air yang menggenang lagi di Dusun Kaliwangon dan sekitarnya,” uangkap sang Kades.

Dengan dibangunnya drainase yang rencana dibangun di Dusun Kaliwangon RT/RW.02/03 ini diperkirakan dapat mengurangi endapan air yang menggenang dipemukiman penduduk .“Memang perlu pembangunan drainase (saluran;red) untuk pembuangan air,” kata Ketua Teknis Wiyono yang diamini oleh Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Supriyanto.

Dengan diterimanya Alokasi Dana Desa (ADD) tersebut Desa Dero dalam menjalankan pembangunan infrastruktur tentunya tidak lepas peran masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dan disesuaikan kebutuhan dana yang ada dalam melaksanakan pembangunan.

Menurut keterangan warga Dusun Kaliwangon yang juga penerima manfaat dari pembangunan drainase ini mengatakan manfaat adanya drainase di lingkungannya .”Manfaatnya, lingkungan lebih rapi dan tidak becek dan banjir lagi. Kami merasa senang dengan akan dibangunnya drainase di lingkungannya karena merasa warga kecil ikut dilibatkan dalam pembangunan, pemeliharaan dan merasa di perhatikan”.

Dalam usulan pembangunan drainase warga ini juga ikut hadir di pertemuan dan ikut mengusulkan. “Selama ini dalam pemeliharaan dan pelestarian prasarana pembangunan ini dilakukan dengan jalan swadaya atau bergotong royong di lingkungan yang terlewati drainase ini,”ungkapnya.

Untuk diketahui, sesuai Undang – Undang Republik Indonesia Nomer 06 tahun 2014 tentang Desa dan peraturan pelaksanaannya sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomer 43 tahun 2014 , Pembangunan Desa bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyrakat Desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi local, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Sementara, Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi yang terbagi empat Dusun diantaranya Dusun Kaliwangon, Dusun Tegalduwur, Dusun Dero Lor dan Dusun Dero Kidul. Desa Dero yang terletak di selatan waduk Pondok ini yang jumlah penduduknya 2.922 jiwa sedangkan luas Desanya 321 meter persegi mayoritas adalah buruh tani.

Sumber : ProRakyat

No comments

Powered by Blogger.